Berdiri setinggi datarannya, bersikap rendah hati seperti masyarakatnya. Dieng ( Dieng Plateau )


Dieng ?? Dataran Tinggi Dieng ?? Dieng Plateau ?? dimana tuh ? apaan ?? mungkin cuman penjelajah tertentu yang mengenal Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau), masih kalah terkenal sama Bromo, pantai yang ada di Bali dan Lombok, apalagi sekarang Indonesia punya artis baru, yaitu bernama puncak Mahameru di jawa Timur dan istana laut di Raja Ampat. Dataran Dieng berada di Jawa Tengah, tepat membelah jawa tengah bagian utara dengan selatan. 

disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana cara menuju ke Dieng maupun berapa biaya yang harus dikeluarkan, cerita ini aku tulis karena betapa aku sangat bahagia saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, pemandangannya, kebudayaannya, masyarakatnya, kesederhanaannya, kehangatan saat duduk bersama di dekat tungku api. ini bukan hanya sekedar wisata alam, tapi menurutku ini wisata pelajaran hidup. melepas rasa egois, melepas rasa angkuh, melepas rasa lebih hebat dari orang lain, itulah yang aku dapatkan di Dataran tinggi Dieng.

hari itu aku bersama Nabil, Ica, dan Roja dari Kota semarang yang ramah harus menuju Kab. Wonosobo untuk mencapai Area Wisata Dieng, kab. Wonosobo udah berasa dinginnya, sejuk, masyarakatnya juga terlihat bersahaja. dari kab. Wonosobo harus menggunakan MikroBus untuk sama point wisata Dieng, gilaa seru banget naik MikroBus (orang udik akunya).


Alhamdulillah tuhan mempertemukan kami dengan Agen Wisata Dieng yang Murah Berkualitas untuk wisata tiga hari dua malam, dengan bangunan permanen, tipi kabel, mesin pancuran air hangat, dan dapet Kentang dan nasi gratiss,, et tunggu, yang paling penting dapet SELIMUT TEBAL yang tetep dingin sih, emang kondisi alamnya gitu. bila malam sampai subuh suhu sekitar sepuluh sampai tujuh derajat celcius, namun pada musim kemarau suhu saat subuh bisa mencapai NOL derajat celcius.

gue ga bakal bahas tentang apa aja sih point wisata yang ada di Dieng, kalau mengenai itu mungkin kalian bisa mampir ke Blog tetangga sebelah yang menjelaskan objek wisata apa aja sih yang ada di dieng beserta paket wisatanya. kalau  saya hanya akan bahas yang hepi hepi aja tentang kami.

wisata pertama paling terdekat di desa Jojogan adalah Dieng Teater, ini membuka pemikiran aku tentang wisata alam berpendidikan, di Kalimantan Selatan ga ada nih wisata alam yang di dukung dengan tempat yang mengupas sejarah tempat wisata.

 ini juga harus di tiru untuk pariwisata Kalimantan Selatan, sebuah museum yang berdekatan dengan objek wisata alam yang bersangkutan, baik itu museum tentang sejarah tempat wisata maupun museum tentang kota atau kabupaten tertentu. biar pinter nih masyarakat dan turisnya.



Jalan kaki dibalik Dieng Teater kami menemui View yang gila keren bangett,, Point View Telaga Warna yang menajubkan, seperti berada di tepi mangkuk dimana Telaga Warna di dalam cekungan, sahihh keren bangett.




ZOOM FOTO DIBAWAH !! ZOOM FOTO DIBAWAH INI !!. liat papan nama wisata itu, kereen bangett broo. sahihh. bangga pernah kesini ( gue boleh meluk seseorang ga). Desa Sembungan, desa menuju View matahari terbit Sikunir. 


Kami berada di atas awan, terima kasih tuhan kami di perbolehkan berada di tempat setinggi ini, berada di dekatmu, dibawah langitmu. SIKUNIR, point Sunrise untuk daerah Dieng, dengan ga usah berjalan berhari dan berjam-jam, cukup menanjak sejam doang. kami sudah di atas awan. #TerimaKasihINDONESIA



(Nomer Delapan please, mous. hehehehe)


Kata Ica Yoga itu menenangkan Jiwa, menenangkan Hati, Menentramkan amarah. ya udah hal yang baik kenapa tidak kita ikutin. (Komplek Candi Agung Dieng).




ternyata Bukit Teletubies bukan di gunung Bromo, Jawa Timur. ternyata bukit teletubies yang benar ada di Dataran Tinggi Dieng, nih ada teletubies aslinya. ini membuat aku tersentak, masyarakat indonesia harus tau bukit teletubies yang asli ada di Dieng.

KAWAH SIKIDANG
Dieng katanya dulu cuman satu gunung, terus meletus, pecah-pecah kayak kaca, akibatnya banyak lubang-lubang belerang, ada yang menjadi kawah seperti kawah sikidang, hirup tuh belerang buat kenang-kenangan.




Dingin mulai membeku, ini enaaak banget. jangan lewatin yang satu ini, Mie Ongklok, pake sate beberapa tusuk enak, kalau loe bisa bikin ini dirumah, citarasanya berbeda, disini Dieng bro, 2093 mdpl.
                                         

OLEH-OLEH WAJIB DARI DATARAN TINGGI DIENG

minimal harus bawa CARICA PAPAYA DIENG, wajib minimal satu lusin, sumpah ini enak. apalagi dimakan saat dingin.


terima kasih teman, terima kasih INDONESIA.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN