PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

selamat datang di Kabupaten Kotabaru. selamat menikmati jalan jalannya atau pekerjaannya disini. kali ini ogut mau kasih referensi jajanan atau wisata kuliner di kabupaten kotabaru deh. mungkin selera  berbeda-beda, atau ini akan menjadi kontroversi pendapat, maklum namanya juga lidah.
Dari bangun pagi, selamat menikmati udara pagi di kabupaten Kotabaru, enak banget kalau nyantai di tepi pantai atau tepi laut, aroma air asin punya terapinya tersendiri. habis jogging atau habis buang air besar perut terasa perih dan keroncongan, saatnya cari sarapan !!

SARAPAN PAGI.

1. Jajanan dan Sarapan Santai ZONA WISATA KULINER SIRING LAUT
pagi minggu, ayo bangun dan santai disirng laut, bisa santai buat olahraga seperti lari pagi, ikut senam, bersepeda, atau sekedar melihat "kesegaran yang ada" di siring laut kotabaru. jangan lupa beli jajanan untuk mengisi ataupun untuk sekedar mengganjal perut yang kosong. 

 beberapa orang memberi nama ZONA WISATA KULINER, sebenarnya buka saat Sore sampai malam, namun khusus hari Minggu pagi, beberapa lapak bukanya untuk pelanggan. suasana tepi laut yang hangat bagus untuk bersantai.
 
2. Ketupat Kandangan ibu Atul di Jelapat. 
kata siapa di kotabaru ga ada ikan Gabus/Haruan, ikan Nila, ikan patin, ada kok. tapi mahal yaah kayak biasa. heheheeee. bila kalian yang kangen dengan ketupat kandangan, nih datang aja ke kedai ibu atul di daerah jelapat. depan transito. beliau jual ketupat kandangan persis sama kayak di Banjarmasin dan Kandangan.
 

#PetunjukJalan : daerah jelapat, Transito Jelapat, Seberang Transito jelapat.

3. Warung Nasi Kuning Tambak
kalau nasi kuning relatif yah, ini benar-benar sesuai lidah masing masing, kontroversi banget deh bila ini dipermasalahkan, tapi ini aku kasih salah satunya yang berada di tepian kota, warungnya sangat rame menjelang waktu kerja, penuhh bangettt pak, ngantriii. namanya juga nasi kuning enak. hehehe

#PetunjukJalan : jln.Veteran, seberang Purwosari, warung ini cuman beberapa meter dari bakso tambak.

4.  Warung Nasi Kuning H.Kardan.
kalau kamu mau ngerasain NASI KUNING ENAK disini tempatnya, sama seperti warung nasi kuning yang lain, warung nasi kuning enak itu pasti penuh, apalagi menjelang jam kerja pegawai, banyak pegawai kantoran yang bakal penuhi ini warung. sabaar ngantrii yaah...

#PetunjukJalan : jln. Patimura, tepat disamping BOOM cafe, di sekitar kantor BNI cab.kotabaru.

5. NASI UDUK SEBERANG POLRES KOTABARU
Pagi-pagi pengen yang gurih dan manis nasinya, bisa cobain salah satu nasi uduk yang menurut saya paling gurih, manis, cepat bikin segar. 
LOKASI : gerobak kecil seberang Polres Kotabaru

6. Bubur Ayam enak 
pagi-pagi ingin makan ringan, bukan nasi kuning atau nasi uduk, sarapan bubur ayam memang pilihan. Dua tahun terakhir ini merupakan salah satu warung bubur ayam yang hits dan rame.
LOKASI : Dekat J&T Kotabaru, Seberang jalan Tambak II

7. Soto Lamongan Siring Laut.
Yang pengen hangat-hangat sarapan/ makan siang/ malam, disini tempat santai & enak buat makan Soto Lamongan, kuah dan koya yang gurih menyatu saat semriwing angin, sahdu dan hangat sekali.


8. Nasi Uduk & Pecel Seberang Rumah Sakit Kotabaru
Pagi-pagi biasanya sarapan nasi kuning & lontong sayur, namun bila ingin menu yang berbeda, salah satu kesukaan saya adalah Nasi Uduk dengan Lauk Bandeng presto, bar bir bur duhh gusti enak diperut.



MENJELANG SIANG & MAKAN SIANG.

1. Warung Ikan Bakar Acil Wangi
RULES : bukan ke Kotabaru namanya kalau engga makan ikan laut bakar, hampir banyak tempat warung ikan bakar siang hari yang enak, tapi yang lumayan terkenal dan rame pada saat makan siang ada di Wr. Hj Wangi komplek Meranti Putih/ Perumnas Desa Semayap, dan yang sering terlihat rame ada di Wr. Hj Wangi seberang PDAM cab.Kotabaru. rame sih setiap makan siang. silahkan dipilih deh :)

2. Warung Ikan Bakar Obyek Wisata Pantai Gedambaan Desa Sarang Tiung
kalau mau nyobain suasana makan ikan bakar yang berbeda, bisa saja nyobain makan ikan bakar di area kedai makanan di obyek wisata pantai gedambaan desa sarang tiung, sehabis berenang, sehabis bersantai ditepi pantai, sehabis pacaran dan mulai berasa lapar, silahkan coba nih nuansa makan ikan berbeda sambil ditemani angin pantai dan deburan gelombang pantai gedambaan desa sarang tiung.


3. Ayam Goreng Mega Cab.Kotabaru
gue rasa ini adalah penguasa ayam goreng enak di kabupaten kotabaru, manis ayamnya meresap sampai tulang, pengen makan tulangnya tapi ga bisa. disini selalu rame saat makan siang sampai malam, namun terkadang sore udah habis stok ayamnya. walaupun ayam goreng mega cabang di kabupaten lain kurang laku, tapi buat cabang Kotabaru rekomen deh buat makan siang.
Sumber Foto : Faried Muhammad


#PetunjukJalan : jln.Veteran, satu komplek dengan Hotel Kartika Kotabaru.

4. Pisang Gapit & Bakso Warung Acil Dayah
Santai menjelang sore, habis keliling pasar, habis dari pantai, bia mencoba cemilan yang manis kuahnya, manis asam manis rasa pisang nya. yang lumayan terkenal sih disini, laku keras juga. katanya sih cemilan yang sulit ditemukan (PISANG GAPIT). setidaknya yang membuat berbeda adalah pisangnya dari Kotabaru, acil yang masak kuahnya orang Kotabaru.


#PetunjukJalan : komplek ruko belakang Plaza Limbur Raya,

5. Paman Es Kelapa & Es Campur Belakang Limbur Raya
bagi beberapa orang es kelapa ya kayak gitu aja, kelapa tambahin gula dan pakai es batu biar seger, tapi baru kali ini aku menemui penjual es kelapa yang unik, selama kuliah di Banjarmasin dan keliling Jatim dan Jareng pun tak pernah menemui yang seperti ini, baru di Kotabaru aku menemuinya, Es Kelapa yang gerobaknya dipenuhi oleh KELULUT ( Tawon yang tak menyengat).

 kata paman penjualnya, Kelulutnya datang sendiri, dan minum gula yang ada yang di toples, pada pagi menjelang siang sekitar pukul 10pagi - 2 siang, gerobaknya dipenuhi kelulut, dan pada menjelang sore Kelulutnya pulang dengan sendirinya.
#PetunjukJalan : Dibelakang Plaza Limbur Raya Kotabaru.

6. JARING / JENGKOL 
makanan khas satu ini merupakan cemilan enak siang hari, untuk wilayah kotabaru, yang enak ada di desa SEMAYAP, lokasinya ada di depan jalan Hidayah seberang pintu gerbang gunung Mandin,



Cemilan Sore & Makan Malam 

1. Nasi Kuning desa Rampa Lama
sore-sore kangen nasi kuning sore hari atau malam hari seperti di Banjarmasin, disini merupakan nasi kuning enak sore hari, harganya murah, bumbunya gurih sedap. nasi kuning yang biasanya disantap pagi hari, disini disantap sore hari sampai malam hari, bisa jadi bekal untuk dibawa memancing ke laut.


LOKASI : desa Rampa Lama Pulau Laut Utara, jalan sempit mobil pas-pasan, direkomendasikan untuk pakai motor

2. BAKSO DAGING & TAHU ISI IKAN WARUNG KOKO
setelah melakukan pertualangan bakso di Kotabaru, kami memilih bakso ini untuk salah satu kuliner di Kotabaru karena rasa kuahnya yang gurih, pentolnya yang enak. dan yang paling aku suka adalah Tahu isi ikannya yang gurih dan enak, suasana warung yang bersih pun menjadi pendukung suasana enak makan bakso, letaknya yang pas pusat kota.

waktu rame sekitar setelah sholat ashar sampai habis magrib, dan untuk info harga tahu isi ikan yang paling aku suka disini seharga Rp 3000- , dengan ukuran yang lebih gemuk dari tahu isi ikan lainnya, namun rasanya yang sangat gurih memang layak dihargai. aku biasanya memakan tanpa tambahan saos tomat dan kecap, untuk menikmati kombinasi kuat kaldunya yang gurih.
#PetunjukJalan : jalan Bakti, seberang minimarket GS Bakti.


3. Mie Ayam Sari Rasa Cabang Sungai Paring
warung ini merupakan paket kuliner bila berkunjung dari Hutan Wisata Meranti dan Air terjun tumpang dua, setelah menuju perjalanan pulang menuju ibu rumah, mampir di Warung mie ayam ini merupakan rekomendasi yang tepat, mie ayam yang enak, kuah yang gurih dan hangat.

 
sangat ramai bila menjelang sore setelah habis ashar, menjelang sore menemani perut saat menanti matahari tenggelam. suasana kedai mie ayam pun sangat hangat dan bersih, baik lesehan maupun duduk di kursi.

 
4. Empek- Empek Anggrek Perumnas Semayap.
wah sore hari enaknya ngemil yang hangat dan manis, kota tepi laut ini masih dengan cemilan identik khas dari ikan laut, salah satunya adalah empek-empek, salah satu yang paling rame di kotabaru sekitar pukul 4-6 adalah Empek-empek anggrek ini.
 suasana garden cafe yang dibuat membuat suasana santai makin asik, mau lesehan atau meja dibawah pohon mangga.
#PetunjukJalan  : komplek Perumnas blok D desa Semayap. simpang 4 mesjid Al-Jihad

5. Pentol, Ceker Goreng Taman Kota Khusnul Khatimah
menikmati santai malam tanpa nasi, disini tempat yang pas untuk berkumpul bersama rekan terdekat. letaknya yang ditengah kota, pusat keramaian. ditemani gorengan yang hangat melewati malam.



6. Mie Goreng Warung Leha
mie gorengnya idola gue banget, mie gorengnya enak banget, gue sering pesan pakai tambahan empela ama leher ayam. heeemmm. ini rame juga nih tiap malam, ngantri sampe emosi, yaiyalah perut lapar, tapi disini idola gue banget, loe wajib coba. enyak enyak. heheheheee. jangan lupa disini paling terkenal roti kare ayamnya, atau roti maryam, beehhh sahih banget brayyy. tapi gitu deh rulesnya kalau mau makan enak sabar dikit yahh.. heheheeeee...
 

#PetunjukJalan : jln. H. Agus Salim no.43, tepat disamping gang Fajar agus salim,

7. Nasi Goreng Ikan Asin & Nasgor Spesial Depot Lumintu
Salah satu yang ramai dan enak juga di Kotabaru, paduan bumbu yang gurih, merupakan teman makan malam yang pas.
Menu yang paling aku suka adalah nasi goreng spesial. Nasi yg gurih, ditambah dengan telor mata sapi dan beberapa potong hati & ampela ayam. Benar-benar gurihh.

#PetunjukJalan : jalan fatmaraga, persimpangan jalan Jl. Fatmaraga dengan jl. H. agus salim. 

8. Nasi Goreng Pedas Buto Ijo Warung  Sukaria Arema.
nasi goreng berwarna hijau ini memiliki ke-unikannya tersendiri, ketika yang lain berwarna merah, di tempat makan ini berwarna hijau, dengan bumbu cabe hijau yang di blender yang mempengaruhi warna dan cita rasanya.
yang spesial dari nasi goreng hijau ini (buto ijo), adalah level pedas yang dapat kita pilih, ada lima level yang disediakan, dari yang pedas biasa sampai pedas setan. ada potongan cabe rawit nakal di dalam nasi goreng yang membuat segar para penikmat pedas.
#PetunjukJalan : Pusat Kota seberang Pelabuhan panjang Kotabaru, depan Siring Laut Kotabaru.


9. Tahu Tek Samping Rumah Sakit Umum Daerah Kotabaru (Area Jajanan Enak Kotabaru)
ini salah satu kesukaan aku saat "late dinner", tahu tek ini segar banget bro, kacangnya diulek pas baru dipesan, terus yang paling spesial adalah penjualnya pasti nanya ( Pedas apa engga??) dan bila pedas akan dilanjutkan pertanyaan (Lomboknya berapa biji mas?) ini yang aku suka, baru kali ini kita bisa pesan lomboknya berapa biji sesuai keinginan kita, (tapi tahu diri juga kale pesan lomboknya, kesian kan paman kalo rugi buat beli lombok). coba bisa pesan cewek idaman sesuai keinginan kita #TerbesitCurhat.
 

di area ini terdapat juga penjual nasi goreng, penjual jus buah, penjual batagor, penjual tela-tela. tapi yang aku suka sih tahu tek,,

#PetunjukJalan : samping Rumah Sakit Umum Kotabaru,

10. Mie Ayam Sari Rasa
menikmati malam yang dingin dan males makan nasi, mau makan bakso atau mie ayam, disini nih yang enak. buka sejak siang sampai malam, mie ayam disini selalu rame, mie ayam yang unik pakai baso daging. tempatnya juga cukup luas dan bersih. selalu rame nih dari sore sampai malam, kecuali warungnya tutup baru sepii....
#PetunjukJalan : Samping rumah sakit umum daerah kotabaru.

11. Area WISATA KULINER Siring laut Kotabaru.
bila mau menikmati sore menjelang malam atau menghabiskan malam dengan hembusan tepi laut, disini rekomen deh buat kumpul, buat santai bersama orang terdekat, menu pilihan makan dan lauk Sea Foodnya sangat banyak, harga memang sih lumayan kencang, tapi suasana disini sangat seru. enjoyed.!
 



13. Pentol Ikan & Pentol Urat Siring Laut Kotabaru.
bila merasa kemahalan makan Sea Food di kawasan siring Kotabaru, agan & Sis bisa berpindah sedikit ke tempat nongkrong Pentol Ikan & Pentol Urat di Siring Laut Kotabaru. lebih berasa ikan dan urat sapinya daripada pentol keliling yang banyak tepungnya.


14. SATE KAMBING CABANG SERONGGA.
kangen sate kambing yang enak & gurih, disini tempatnya, lokasinya pun di pusat kota Siring Laut Kotabaru, santai malam dengen menikmati hangatnya daging kambing yang gurih, harganya pun sesuai dengan kualitasnya, dagingnya yang lembut, seporsi 10tusuk 30ribu rupiah, lokasinya yang tenang di tepi laut, sahdu sekali.


MENGGAWI SORANG / DIY ( DO IT YOURSELF )
sesi ini untuk menambah referensi kegiatan kuliner bila melaksanakan kegiatan outbond atau kemping, jangan sampai diam tanpa kegiatan, jangan sampai bingung "ngapain lagi yah", buat kegiatan masak-masak makanan laut saat kegiatan outbond.

1. LOBSTER REBUS ATAU GORENG.
salah satu yang mahluk laut yang unik dan mewah, di Kotabaru cukup banyak didapat. sebagai salah satu destinasinasi wisata laut, Lobster bisa dijadikan kuliner saat berkemah ditepi laut. namun yang harus diperhatikan, ukuran dalam membeli lobster. ukuran minimal adalah 3.ons lebih, dan tidak memilih Lobster yang bertelur untuk kelestarian populasi Lobster itu sendiri.

2. KERANG LAUT REBUS
 rasanya yang manis dan guring sangat bagus untuk kuliner kegiatan saat outbond.
 

 2. SINGKONG GORENG ( GUMBILI GORENG )
santai kemping sambil menikmati wisata alam, bisa sambil goreng/ bakar gumbili


3. IWAK ASAP/ IWAK BAKAR
paling nikmat saat kemping di tepi pantai, paling nikmat menikmati iwak bakar.



4. RAJUNGAN LAUT
salah satu referensi bagi berkunjung ke kota yang dominan laut, adalah menyantap RAJUNGAN, salah satu mahluk laut yang lezat. karena berbeda dengan Kepiting Bakau yang sering dijual di kota, karena rajungan khas dari laut, sangat jarang ditemui di Kedai atau Resto di Kota, salah satu yang wajib jika mengunjungi kota tepi laut, seperti KOTABARU. (sumber foto :google.co.id)

CATATAN :

#PetunjukJalan : ini berguna untuk agan & sista yang mau nanya alamat, naik angkot, ojek menuju  KTP.   karena lumayan banyak masyarakat Kotabaru yang tidak tau nama asli jalan di Kotabaru yang biasanya nama nama pahlawan. //contoh : seperti jalan Pangeran Indra Kesuma jaya yang lebih terkenal dengan nama daerah pasar atom.

1. bawa uang lebih deh kalau beli makan di kotabaru, karena harga yang sedikit mahal.
2. leave comment section below if you have any idea about food paradise.

RULES :
1. warung makanan enak biasanya parkirannya rame dan banyak yang antri, cobain aja sana. 


KLIK LINK DIBAWAH UNTUK KEMBALI KE BERANDA DENGAN CERITA SERU LAINNYA.

Komentar

  1. makasih info tentang wisata kuliner nya

    http://www.yamaha-motor.co.id/tour-de-soul/

    BalasHapus
  2. Tahu genderuwo gag masuk bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus jua, kalau ada info kuliner & fotonya bisa dikirim ke email kami mas ade. bantu refrensi kuliner enak kotabaru

      Hapus
  3. Saya selaku anak dari owner warung koko, sangat berterimakasih telah menjadikan warung koko sebagai pilihan untuk panduan wisata kotabaru sebagai tempat kuliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih saya ucapkan karena telah berpartisipasi di kolom komentar ini, jaga kualitas dan citarasa kuah, pentol, dan tahunya.! semangat.!

      Hapus
    2. Terimakasih untuk masukannya, kami sangat menghargai pendapat serta saran dari pelanggan, sampai jumpa kembali di warung koko

      Hapus
  4. pengen nyoba makanan khas Makassar,,enak banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

    BalasHapus
  5. Ada yg tau jual mie titi di daerah kotabaru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat ada saya lihat di jl. Raya stagen, digunungan seberang karoke / didepan komplek bekas rumah makan pulau laut. Lupa saya nama karokenya, mie titi khas makassar kan?
      Semoga masih buka warungnya. Karena agak sepi dipinggir keramaian.

      Hapus
  6. Ada yg tau warung yg jual mie titi didaerah kotabaru?

    BalasHapus
  7. Dimana ada warung makan lesehan di kotabaru yang menjual masakan kerang remis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau kerang remis jarang kak, kebanyakan jual kerang dara aja kalau lagi musim, coba di cek di kedai Sea Food di siring laut, atau Warung SeaFood saduluran di tepi2 jalan utama, jangan lupa tanya harganya, kalau mau masak sendiri, coba cek ke kampung nelayan Rampa aja

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN