MENULIS SEBUAH KENANGAN : BATAM & SINGAPURA.

Halo..
tulisan kedua di 2018. kembali seperti pertama jatuh cinta,menuliskan sebuah cerita lucu dan langkah baru di 2017 yang baru tertuangkan, inspirasi dari jeda menikmati hari, tulisan dari jeda saat merencanakan hal-hal yang kita cintai untuk diselesaikan, ya dengan cara kita menikmatinya. tulisan malam ini ditulis santai mengenang kalau saya sempat sangat bahagia, sebuah (SelfReminder) saat nanti tiba saat sedih, mengingatkan kalau saya pernah bahagia. bukan sekedar foto. namun sebuah potongan kue yang nikmat.

pagi itu udara pagi yang dingin dibilik renungan sebagai langkah awal petualangan baru ini. ya.. sebuah jadwal penerbangan yang akan mengirim raga dan cinta ini ke BATAM. sebuah kota yang distempel oleh kalimat KOTA HAPE MURAH. sejak kecil disuapi sebuah kalimat yang berujung senyum manis dari masyarakat batam.

teringat sebuah kalimat (Patner in Crime), jelas bukan sebuah kalimat untuk melakukan tindak kriminal, sebuah kalimat yang sebenarnya berarti. lakukan bersama orang tepat, selesaikan bersama mereka yang terdekat.
bandara sepinggan Balikpapan

perjalan dari Kotabaru harus dimulai dari Bandara tercinta Sjamsir Alam(KBU) menuju bandara Sepinggan Balikpapan untuk buang air kecil dan dilanjutkan ke bandara Hang Nadim Batam. sebuah kombinasi dan pijakan kaki yang baru. referensi membangun bandara yang bagus.


sebuah kota yang sangat jauh berbeda dengan kalimantan, suasana kotanya, penduduknya, karakter bahasanya, kehidupan malam harinya, sebuah citarasa pengalaman yang tidak boleh ditolak.

BATAM-SINGAPURA JALUR LAUT.
disini cerita seru dimulai, sebuah langkah yang lebih jauh. banyak yang mungkin berpendapat untuk langsung memakai pesawat dari Jakarta langsung ke Singapura, namun sebuah pengalaman jalur laut memasuki negara tetangga adalah sebuah cerita yang tak bisa ditolak.

seperti judul diatas, tidak perlu panik ke singapura tanpa agent travel, kali ini saya akan beri pengalaman saya sendiri ke singapura mengandalkan diri sendiri.

sebelum melangkah ke Singapura semua harus disiapkan dari indonesia :
1. Paspor Indonesia yang Asli dan KTP yang asli
2. pastikan sudah memilih hotel idola anda melalui aplikasi pencarian hotel online di Indonesia.
3. pastikan anda bawa uang yang cukup untuk makan, belanja, dan uang lebih untuk keamanan.
4. siapkan paket roaming internasional untuk smartphone anda atau beli simcard singapura
5. andalkan diri sendiri dalam berbahasa inggris/pergi dengan teman yang lebih bisa bahasa inggris.
6. download dan registrasi aplikasi UBER di smartpone anda saat masih di indonesia.

bila tidak sanggup memenuhi ke-enam hal diatas, jangan dipaksakan.!! lebih aman menggunakan agent travel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

setelah 6 poin penting itu terpenuhi, maka langkah petama adalah beli tiket kapal di pelabuhan BATAM CENTER, sekian banyak pelabuhan di batam, lebih baik disini karena jadwal kapal laut yang sangat banyak menuju singapura. harga tiket sekitaran 350rb untuk sekali jalan, Tiket jangan dibuang ya, itu dipakai untuk balik ke indonesia nanti.




setelah berlayar sekitar satu jam, kita tiba di pelabuhan HarbourFront Singapura, nah disini sebuah cerita unik dan cukup tidak menyenangkan, kita akan ANTRI di barisan pemeriksaan kependudukan singapura sekitar 50menit.
salah satu sudut pelabuhan harbourfront Singapura


setelah melewati pemeriksaan kependudukan, nah disini gunanya paket roaming internasional untuk smartphone anda atau beli simcard singapura tadi, pendapat saya lebih baik memesan taxi Uber bagi yang membawa koper dan tas besar menuju hotel. tidak perlu Jalan cepat terburu-buru untuk mengejar MRT(kereta bawah tanah singapura). jalan-jalan ke destinasi wisata singapura pun lebih baik naik Uber karna lebih praktis dan harga tidak selisih jauh bila kita bagi biaya taxi bersama rombongan teman 4-6 orang.


hal yang perlu diingat di singapura adalah toilet tanpa shower pembersih. ya semua menggunakan sensor air dan tissue. SANGAT MENGGANGGU bagi saya yang sebagai orang indonesia yang cinta kebersihan. saya punya satu referensi hotel yang pernah aku singgahi selama dua malam di Singapura, sebuah hotel yang tepat di keramaian kota Singapura, dan yang aku suka adalah ada shower pembersih di toiletnya, sangat melegakan.

 letak hotel yang tepat dipusat kota, daerah Orchard road yang terkenal dengan tempat berbelanjanya.



dan hal yang paling membedakan saat kita ke Singapura tanpa agent travel dan memakai agent travel adalah :

TIDAK ADA YANG MENGGANGGU, TIDAK ADA YANG BILANG JANGAN JAUH-JAUH FOTONYA, DAN TIDAK ADA YANG BILANG KITA DISINI CUMAN 15 MENIT SAJA.




Semua perjuangan ini terbayar tuntas, dengan sebuah momen santai yang paling santai di negeri orang, duduk-duduk santai bersama rekan membicarakan hal-hal rahasia dan lucu, makan malam dengan suasana berbeda. tiga jam duduk santai dan jalan-jalan kecil ditepi sungai singa Merlion Singapura. sebuah definisi santai dan libur sebenarnya, menikmati hal-hal kecil bersama rekan.


iri boleh, tapi sedikit saja
-pidibaiq-



LIFE ITS JOURNEY, NOT DESTINATION.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN