GO SOMEWHERE NEW : PULAU BIRAH-BIRAHAN, KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.


halo, tak terasa sudah masuk tahun 2015, saatnya melakukan revolusi untuk memperbaiki diri sendiri, yang tentunya adalah menuju kemajuan untuk diri sendiri dan sekitar. tidak mau ketinggilan kini pemilik blog pun memiliki revolusi untuk 2015 "GO SOMEWHERE NEW", adalah sebuah ide untuk mengunjungi tempat-tempat  baru, tempat-tempat cantik yang belum aku pijakkan kaki ini.

kali ini aku dan beberapa teman memutuskan berlayar lebih jauh ke selatan Kab. Kotabaru untuk mencari pulau-pulau pasir putih yang belum kami datangi, yap Pulau Birah-Birahan !! terletak di antara kecamatan Pulau Laut Kepulauan dengan kecamatan Pulau Sembilan, lautnya pun sudah makin gelap, tanda semakin dalam lautnya.

perjalanan weekend ini dimulai setelah sholat jumat, untuk ke pulau Birah-Birahan kita harus ke Pulau Laut Barat terlebih dahulu sebagai checkpoint terdekat dari Pulau Birah-Birahan. menginap satu malam di desa Lontar atau di Gunung Tanah di Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar. jangan lupa Wajib Bangun Pagi untuk menikmati Sunrise.
waww... tidak perlu mendaki gunung yang tinggi, di bukit kecil di daerah kebun sawit di Desa Gunung Tanah pun sudah berada di atas awan.


untuk ke Pulau Birah-Birahan, tips dari aku : karena letak pulau yang sudah sangat jauh di tengah laut, maka aku menyarankan untuk tidak datang pada saat musim angin barat, karena 80% nelayan tidak akan mau mengantar karena alasan gelombang besar.

pilihan untuk ke Pulau Birah-Birahan bisa melalui Teluk Tamiang, Pulau Sugi, ataupun desa Lontar. perjalanan menggunakan kapal nelayan bisa di tempuh sekitar 2-3 jam, tergantung kecepatan kapal, arah angin dan ombak.

setelah terombang-ambing di laut sekitar dua jam...


aku perkenalkan, PULAU BIRAH-BIRAHAN, KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN. :)


pulau pasir putih dengan air yang super bening, masih jarang terdengar di Kalimantan Selatan tentang Pulau Birah-Birahan, masih kurang populer dari teman tuanya, Samber Gelap. bagi aku tiap pulau punya sensasinya sendiri, tidak harus di bandingkan siapa yang lebih baik, kalau sama baik kenapa harus dibandingkan.





yang unik di Pulau BirahBirahan Kotabaru ini adalah setumpuk koral mati yang tersapu ombak sehingga membentuk pulau baru, sangat disayangkan banyak koral mati sampai membentuk pulau seperti ini.


ada tiga zona pantai di pulau BirahBirahan ini, ada zona terumbu karang, zona pantai tebing batu, dan zona pantai penuh ganggang.

Zona ganggang kurang bagus untuk berenang, karena banyak tanaman air, ikan kecil, anak hiu dan anak pari yang biasa dipanggil Buru-Buru oleh penduduk lokal. disini cocoknya untuk memancing.

beli ikan langsung di kapal nelayan



Zona yang menarik untuk di renangi adalah zona terumbu karang.



berdiri di tepian pantai saja sudah keliatan jernihnya laut di pulau Birah-Birahan ini,



sensasi yang berbeda adalah laut yang langsung dalam dari tepian pulau, bila air surut saja sudah sekitar leher orang dewasa.

sangat disayangkan banyak koral yang mati, yang tersisa cuman beberapa bongkah kecil saja yang masih hidup yang menjadi tempat berlindung ikan-ikan kecil.





cukup puas dengan berenang di zona terumbu karang, saatnya pindah ke zona tebing bebatuan untuk mengintip lautnya sekalian memancing buat lauk makan.



Arus dalam yang kencang ga menyurutkan niat untuk eksplorasi isi laut Pulau Birah-Birahan, zona bebatuan ini mirip Aquascape di rumah nih, ikan-ikannya pun sudah lumayan banyak.






salah satu hal terbaik dari pantai adalah sunset atau matahari terbenam, bagi aku setiap tempat untuk melihat matahari terbenam punya citarasanya sendiri, mereka punya jiwanya tersendiri.



di pulau Birah-Birahan Kotabaru ini ada penjaga pulaunya ko, walau cuman masyarakat dari pulau Kerayaan yang menjaga pulau untuk mengambil telur penyu.

sangat disayangkan sepertinya pengambilan telur penyu tidak terkontrol dengan baik, telur di ambil dan di jual, memang dari satu sisi mereka mengambil telur untuk menghidupi keluarga. namun tindakan mengambil semua telur penyu aku rasa tidak dibenarkan.

dalam artikel ini aku juga menggalangkan tentang BERHENTI SELFIE DENGAN PENYU YANG MAU BERTELUR. dan berhenti mengganggu penyu yang naik untuk bertelur, jauhi tepi pantai saat malam. dalam satu malam itu tidak hanya satu ekor penyu yang naik, bisa tiga sampai lima ekor, keganggu satu, penyu yang lain tidak mau naik kepantai.



saat malam waktunya bakar ikan hasil tangkapan sore tadi maupun hasil beli dari nelayan yang kapalnya bersandar di tepi pulau.



SUNRISE TIME...
wajib bangun dinihari untuk menikmati matahari terbit dari timur pulau Birah-Birahan, air yang tenang, udara yang sejuk, matahari yang hangat, dan pasir lembut yang memijat kaki ini. sahih deh.!!



dari perjalanan seperti ini sih sebenarnya kualitas pertemanan yang diharapkan hangat, makin akrab makin gila. pemandangan alamnya sih cuman sekedar fasilitas saja biar suasana makin mantap.


hal keren lainnya di Pulau Birah-Birahan Kotabaru ini adalah banyaknya Baby Shark di sekitar pulau yang menambah istimewanya pulau ini. bisa di ajak selfie juga. kira-kira emak hiunya dimana yah.. hahaha


ga perlu jauh-jauh lagi ke Raja Ampat, Papua buat ketemu Baby Shark, di Kotabaru pun bisa selfie sama Baby Shark. selama satu malam di pulau Birah-Birahan, selalu melihat Baby Shark, beruntung ga ketemu emaknya.

"GO SOMEWHERE NEW" semoga saja perjalanan pulau Birah-Birahan ini menjadi pemantik awal dari revolusi 2015 yang aku niatkan.

tidak lupa aku dedikasikan terima kasih sebanyaknya kepada teman-teman dari MTMA KTB yang sudah mendukung perjalanan ini.


sebagai penutup artikel, aku kasih liat penampakan Pulau BirahBirahan, nih aku kasih penampakannya dari peta Kabupaten Kotabaru.


NOTE :

JAGALAH KEBERSIHAN LAUT !!!
DILARANG BUANG SAMPAH DILAUT, JANGAN BUANG PUTUNG ROKOK, BUNGKUS MAKANAN, KALENG MINUMAN DAN APAPUN YANG MENGOTORI LAUT INI.

#visitkotabaru #kotabaru #BirahBirahan

klik link dibawah untuk lebih banyak cerita seru.
LIFE IT'S JOURNEY, NOT A DESTINATION

Komentar

  1. Kalo penyebrangan dari desa lontar kira2 berapa biaya yang harus dikeluarkan ya ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf baru balas, mungkin skg harganya agak mahal, karna masyarakat alhamdulillah sadar faedah wisatawan bagi mereka. 2015 kmren sktr 700rban (pergi pulang)

      Hapus
    2. Wah nice info ka .. trims ya utk infonya

      Hapus
  2. klo nyebrang dari kotabarunya atau dari banjarbaru berapa juga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh banar ke kotabaru lg (pulau laut utara), klo dari Banjarbaru bisa menyewa kapal ukuran sedang yg isi 10-15 dari pagatan/ Batulicin. klo ada kwan yg rancak k angsana/ pantai joras bisa tu cari info kontak hape paman kapalnya.. klo duitnya, bisa tembus 1juta png.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN