UNTUK KENANGAN YANG TAK PERNAH MATI : EMPAT PULUH SEMBILAN HARI YANG TIDAK DAPAT DIBELI DENGAN UANG.

hola, tak terasa hampir satu tahun lulusnya aku, nabil, gilang dan ica dari Fakultas Ekonomi Un.Lambung Mangkurat Banjarmasin pada tanggal 23 oktober 2013 lalu, seperti waktu sangat cepat berlalu, namun kenangan sangat melekat dikepala, apalagi tentang perjalanan sebelum masuk dunia kerja bersama sepeda motor kesayangan. setiap bertemu nabil wacana tentang masa muda tahun lalu sangat hangat untuk kembali di ceritakan.

bila jeda pekerjaan atau malam sebelum tidur, membuka kembali folder foto perjalanan tahun lalu pernah ada bosannya untuk dilihat kembali, untuk itu aku mendedikasikan artikel ini untuk kenangan yang tak pernah mati.

kali ini aku akan menceritakan lebih detail tentang kenangan yang tak akan pernah mati dikepala ini, proses pembelajaran menjadi dewasa yang paling keren dihidup ini.

DAY 1
7 November 2013 kami meninggalkan rumah untuk berlayar kepulau jawa, sangat disayangkan pengalaman pertama kali naik kapal laut dari Banjarmasin ke Surabaya ini tidak banyak dapat di dokumentasikan, karena lebih besar rasa kwatir akan keselamatan diri dan barang bawaan yang menjadikan moment ini sangat sedikit dokumentasinya, mulai dari berebut tempat tidur, jumatan di atas kapal, antri makanan, 26 jam terombang-ambing di lautan, kangen daratan, kangen liat tanah. pantes saja para pekerja kapal yang seminggu berlayar gajinya besar, bosenn liat laut teruss ternyata.


DAY2-3
SURABAYA-PARE. JAWA TIMUR (98,96km)

setelah berlayar 26 jam, kami tiba di pelabuhan Tj.Perak Surabaya pada pukul 01.30 WIB, karena teman untuk berteduh tidak dapat dihubungi, kami memutuskan terus melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pare, Kediri. dengan bantuan GPS tentunya, adzan subuh berkumandang pada pukul 04.15 di kota Mojokerto, kami pun bersholat subuh di sebuah SPBU dan tidur sejenak menunggu pagi.  paginya kami melanjutkan perjalanan menuju Kampung Inggris di Pare, sampai kantor Mr.Bob English Course dan camp, ternyata masih sepi karena hari sabtu dan program study dilaksanakan pada senin. heemmmm bosan.. kami pun memilih destinasi kota BATU, Malang. yang dilihat di GPS sih dekat kayaknya. masyarakat kota Batu tidak perlu pakai pendingin ruangan deh, enak kotanya sejuk.

salut sama perusahaan yang melalukan pengaspalan untuk kota Batu ini, bagaimana cara mengaspal dan membelah gunung untuk dibuat jalan raya, jalannya penuh jurang, tikungannya sadis,
TAPII DISINI KOTA BATU, NAIK MOTOR TANTE :)



DAY 4-8,
aktivitas belajar bahasa inggris di Mr.Bob English Coursh sudah dimulai, edaaann seruu, dari adzan subuh yang jam 4 dinihari, tidur cepat jam 9 malam sudah ngantuk, makanan murah mulai Rp 3.000 - Rp 10.000 udah sama minum, pakai bahasa inggris sehari-hari, bertemu orang baru dari Padang, Aceh, bandung, Pati, makassar. gilaa seruu.. !!



DAY 9-10
PARE-KEDIRI (25,49KM)
sabtu minggu libur, wah liburan kemana yah, Nabil punya sahabat orang tuanya di Kediri, Bude Endro. ya udah mampir kesana aja. sebelum kota Kediri, harus mampir ke simpang Lima GUMUL, simpangan menuju Gunung Kelud juga ada disini. Kediri kotanya juga bersih, orang-orangnya juga anteng, selow habis. kota Kediri kecil sih, tapi padat, banyak Cafe, Resto,sudah punya Kediri mall & Town Square, Keren dah buat hidup dihari tua disini.

 

DAY 11-15
hari senin lagi, sekolah lagi, sudah mulai akrab dan bersahabat nih sama member lain, becandanya juga sudah mulai seenak kantong kresek, kegiatan belajarnya pun mulai seru, makin gila. satu minggu terakhir nih di Mr. Bob English Course.


DAY 16-17
sabtu minggu liburan lagi,, weekend terakhir Gilang, doi mau balik ke Banjarmasin, kesian masa mudanya. awalnya sih rencana ke Bromo, tapi karena peserta tidak mencukupi, ke Bromo pun di batalkan, daripada nganggur kami ke Kediri lagi ke tempat bude Endro, sekalian gilang pamitan mau balik ke Banjarmasin.
yang berbeda kali ini naik gunung Kelud pakai sepesa motor, FIRST VOLCANO MOUNTAIN IN MY LIFE.



DAY 18-30
Gilang sudah pulang, pake pesawat lagi, enak banget. jadi petualangan ini kami lanjutkan cuman berdua dengan Nabil, paket di Mr.Bob sudah habis, kami pun mencoba tempat kursus lain namun tetap ikut Camp Mr.Bob, sedangkan program kelasnya ngambil program TOEFL di luar Mr.Bob, hasil mulut-kemulut sih di Global English, ternyata disini kurang memuaskan, kelasnya panas, keakrabannya pun tidak terbentuk sama sekali. ga ada yang spesial sih disini, tapi karena ingin ilmu Toefl dan sertifikatnya, ya sudah dijalani saja.

DAY 31-32
BROMO DREAM COME TRUE, sial disini kerenn banget,, tapi perjuangannya gila kalau mau kesini, ngejar matahari terbit, dari Pare berangkat jam 10 malam, sampai ke tempat terakhir mobil umum parkir sekitar pukul dua dinihari, terus dilanjutkan dengan mobil khusus yang kuat nanjak. dinihari gunung bromo, brrrr




DAY  33
salam perpisahan untuk Mr.Bob English Course. bahh sediihhh :(


DAY 34.
perpisahan dengan bude Endro dan keluarga, bahh sedihh lagii :((  *anak bude cantik juga,, hehehehe*



DAY 35
KEDIRI-SEMARANG (266,63KM)
meluncur ke kota Semarang. sudah selesai sedih-sedihannya saatnya melanjutkan cita-cita kami, kali ini kami ke semarang, disana ada Ica temen kuliah aku dan Nabil saat kuliah di Banjarmasin, awas tertipu GPS, yang terlihat dekat ternyata jauh,, hahahaha


DAY 36-38
TERNYATA KEDIRI-SEMARANG JAUH BENEERR... dua hari ini kami pakai untuk istirahat total, pegeeel sih, tapi karena ikhlas dan ridho, semua baik-baik saja. hahaha
apalagi pemandu wisata di Semarang bidadari. di Semarang kerjaannya wisata kota & kuliner kuliner kuliner,, sampe gendut.




DAY 39-41
SEMARANG-DATARAN TINGGI DIENG (159,82KM)

Dataran Tinggi Dieng sesuai rencana dari kediri, kalau ke jawa tengah harus kesini nih, apalagi bagi para pecinta puncak gunung, disini tempat wisatanya lengkap, dengan tambahan teman bernama Roja, dan koki cantik bernama Ica, langsung berangkat....



DAY 42
ISTIRAHAT BALIK DI SEMARANG

DAY 43-45
SEMARANG-SOLO-JOGJA (143,65KM)

SOLO-JOGJA, tinggal turun ke Selatan, katanya sih dekat,, taunya jauh juga, apalagi pada saat itu musim hujan, 10 jam cuman Semarang-jogja. hahahahaa. nyampe Jogja kok sedih, mungkin udah terlalu lama dijalan, terlalu lama jauh dari rumah, di Jogja kok malah kangenn rumah, apalagi musim hujan lebat, pikiran mulai 50% kepikiran rumah. di Jogja Solo cuman wisata kota & wisata kuliner, makan makan hahaaa.. 




 
DAY 46
JOGJA-SURABAYA(330,72KM)

JOGJA-SURABAYA 13 JAM..  karena kangen yang berlebihan, kangen rumah, dan sulit karena musim hujan, hujan pagi, siang dan malam. dokumentasi juga sulit. akhirnya kami memilih pulang ke Surabaya. alhamdulillah kami tersesat dan naik ke Gunung Lawu,, kereeen broo,, walau capek sih tigabelas jam dijalan.





DAY 47-48
SISA-SISA SEMANGAT. disini paling cuman ke Jembatan SURAMADU, wisata Kuliner Bentar, Mesjid Agung Surabaya. sisanya kangen rumah, kangen kalimantan, Surabaya isinya hujan terus, apalagi tempat menginap di Surabaya bagian barat Banjir hebat,, parah kali ini ga dapat yang spesial di Surabaya nih, dokumentasi juga malas., hujan ga bisa mainin kamera, celana juga basah, kangen rumaah, pengen pulangg.

DAY 49
PULAANNG KE KALIMANTAAN !!! gila ombaknya dari info BMKG pada seminggu kami berlayar sekitar dua meter, kapalnya sudah kayak mainan, yang jalan dilorong kapal harus jalan zig-zag dari dinding kiri ke dinding kanan, ombaknya sereem. tapi alhamdulillah sudah bisa pulang kerumah. 

Komentar

  1. Seru ya tour nya. Sdh menjadi tradisi jg bg kel kami bg yg baru lulus sekolah, sblm kerja, wajib hukumnya tour ke semua sodara yg dituakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah diberi kesempatan untung pendewasaan diri se-istimewa seperti ini, salam kenal :)

      Hapus
  2. Perjalanan spt ini, akan selalu saya sarankan kepada remaja2 yang beranjak dewasa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN