SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN

Halo...
kembali lagi dalam sebuah tulisan tentang wisata Kabupaten Kotabaru, artikel ini ditulis setelah intermezo kecil dalam rangka 3 tahun berselancarnya blog ini. rasa rindu yang memanggil tulisan ini. usia blog yang semakin dewasa, begitu juga sang penulis yang semakin bertambah umurnya, rasa yang berubah di kepala dalam berwisata, rasanya hanya ingin santai-santai bersama kawan terdekat atau kekasih hati menghabiskan waktu bersama, saling bercengkrama ditengah malam tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak ataupun waktu tempuh yang cukup lama. mungkin faktor usia kayaknya yang menggeser pola pikir untuk lebih bersantai.

kali ini aku akan menuliskan tempat atau referensi tempat santai dan tempat berkemah di Kotabaru.

1. BUKIT MAMAKE
beberapa menyebutnya gunung, namun aku menyebutnya bukit mamake karena ketinggiannya yang masih dibawah 500mdpl, tempatnya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota, cukup 15menit menuju desa Sigam dan naik sedikit ke desa Campa Jawa, pendakian kecil nan manja sekitar 20menit kita sudah sampai di puncak bukit MAMAKE.


dari beberapa review para teman, bukit mamake menyajikan paket lengkap dalam sebuah pendakian, kita dapat menikmati terbit dan terbenam matahari dalam satu tempat. dan yang paling spesial adalah pemandangan lampu-lampu pusat kota dan lampu dari Bagang ditengah laut, seribu bintang dilautan ku menyebutnya.


2. GUNUNG HAMBAWANG, GUNUNG BATU DUA & DERETAN ANAK GUNUNG SEBATUNG
salah satu tempat santai dalam berkemah adalah gunung Gundul, dan beberapa gunung kecil dibawah kaki gunung sebatung, letaknya yang tepat di pusat kota membuat kita hanya perlu melakukan pendakian sekitar 2 jam,

Ada suasana yang tidak didapatkan dirumah maupun di kedai tempat santai ditengah kota, suasana malam yang tenang, jauh dari keramaian, secangkir kopi, roti, pisang goreng dan lagu favorit yang diputar.
Dalam perjalanan pendakian, kita akan melewati beberapa kebun Langsat dan Kebun Durian warga, terkadang kita juga menemui para pengolah Gula Merah tradisional dalam pendakian, gula merah yang segar dengan harga murah, obat bagus dalam mengganti gula darah maupun teman saat menyeduh kopi.


3. BERKEMAH DI PANTAI SARANG TIUNG
merupakan pantai yang paling diperhatikan oleh pemda Kotabaru untuk dijadikan wisata santai yang dekat dengan pusat kota, letaknya di desa Gedambaan yg hanya 35menit jalur darat dan tanpa pendakian. memasang tenda di tepi pantai, ataupun menyewa sebuah villa kecil yang telah disediakan.


berjalan ditepi pantai pada saat tengah malam dengan kerabat terdekat atau orang tersayang, suasana yang hening, deburan ombak, merupakan cara yang kejam dalam membunuh rasa penat.

4 . HUTAN WISATA MERANTI KOTABARU
mungkin banyak yang bertanya apakah boleh berkemah dihutan meranti Kotabaru, atau mungkin pertanyaan bagaimana prosedur izin berkemah di Hutan Meranti Kotabaru, kali ini dapat kiriman foto dan info dari komunitas Sepeda Gunung di Kotabaru, (BAMEGA BIKE CLUB KOTABARU). sedikit intermezo, Hutan Wisata Meranti adalah sebuah Wisata sekaligus tempat Konservasi Pohon Meranti yang dikombinasikan dengan konservasi hewan- hewan dilindungi seperti Rusa Sambar, Kancil, aneka Unggas, Ular, dll. Konservasi Hutan Meranti merupakan andalan baru dalam bidang Pariwisata di Kotabaru, bagi yang belum mengenalnya bisa dilihat dimedia sosial dengan #HutanMeranti atau #HutanMerantiKotabaru.
foto IG : aansiigoweser & jh.aryahasanriady

foto rekan dari Bamega Bike Club Kotabaru dengan pihak Penjaga Konservasi Hutan Meranti.
Prosedur yang harus dilewati untuk mendapatkan izin berkemah di Hutan Meranti Kotabaru :

 A. yang harus dilewati adalah membuat SURAT PENGAJUAN PERMOHONAN KEGIATAN  OUTBOND yang ditujukan kepada DINAS LINGKUNGAN HIDUP, yang beralamatkan di Jalan Pangeran Indera Kesuma, Gedung Abdi Negara Lantai 3. surat permohonan dikirimkan sekitar 7 hari sebelum hari kegiatan, sertakan nomer kontak karena sekitar H-2 pihak Dinas Lingkungan Hidup akan meminta kita menghadap ke Kantor.

 B. pembayaran Registrasi Masuk Hutan Konservasi Wisata perkelompok, dan pembayaran uang Kebersihan wilayah Konservasi. dimana pembayaran dilakukan di Gerbang objek Wisata Hutan Meranti, jadi tidak ada pungli disini.
foto IG : aansiigoweser
suasana malam yang tenang, diatas bukit yang langsung mengarah ke laut, ditemani secangkir Kopi hitam, pisang goreng dan nyanyian sumbang curahan hati. sebuah pengalaman yang berbeda dimana suasana berkemah yang aman, pemandangan baik namun tidak terlalu jauh dari pusat kota.



JANGAN LUPA BAHAGIA, JANGAN LUPA IBADAH & JANGAN LUPA DIBAWA TURUN SAMPAHNYA.


LIFE ITS JOURNEY, NOT DESTINATION.


klik disini untuk membaca lebih banyak cerita .

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.