EKSPLORASI RUMAH SENDIRI III : LEBIH MENCINTAI EKOWISATA DESA LONTAR, TELUK TAMIANG DAN TANJUNG KUNYIT. ( +GOPRO EDITION )


kali ini pemilik blog bekerja sama dengan pemilik channel traveling ternama di Kotabaru  Kujuk2Narai untuk bersama-sama mengeksplorasi kecantikan kec.pulau laut barat dan kec. pulau laut tanjung selayar. dengan di dukung dengan action camera (GoPro), kami bakal mengupas dan memaksimalkan apa saja yang ada di pulau laut barat dan tanjung selayar.

perjalanan dadakan ini di temani master traveler ; Ronald Saoiago, dan driver sekaligus masyarakat lontar sendiri ; manyun itu rahmat.

bagi yang kerja di hari senin-jumat, cocok nih melakukan perjalanan hari jumat siang setelah sholat jumat.

pulau laut barat dan tanjung selayar ini seperti ujung pulau di antara terbit dan terbenamnya matahari, berdiri di puncak bukit atau di ujung pulau, kita bisa dapatkan view matahari terbit dipagi hari, sekaligus matahari terbenamnya pada saat senjanya. sore itu kami coba memaksimalkan matahari terbenam di dermaga teluk tamiang, edan !! matahari yang hangat, pasirnya yang lembut, airnya yang bening.

sudah ada benih-benih dari terumbu karang nih di dermaga teluk tamiang ini, sepuluh tahun lagi bisa menjadi surga terumbu karang nih bila semua pihak menjaganya.

kehidupan malam di desa Lontar asik, bagi yang mengira di desa ini sangat tertinggal, cari makan susah, listrik susah, ga ada cewe cantiknya. eits,, jangan salah dulu, kehidupan malam desa lontar udah kaya kecamatan maju, sudah ada warung dengan kulkas minuman dingin, jual baju, jual kosmetik, dan bagi yang mengira di desa Lontar cuman makan ikan, disini lengkap ada penjual lalapan ayam, itik, nasi rawon, gado-gado, nasi sop ayam. tinggal pilih deh.

jangan ada yang berniat bangun siang bila sudah sampai di pulau laut barat atau tanjung selayar ini, wajib bangun pagi buat nikmati matahari terbit di atas bukit, di tepi pantai, maupun di puncak menara suar di tanjung kunyit. tinggal pilih, semuanya...... WAW!!



sehabis menikmati matahari terbit, jangan lupa sarapan!! karena wisata bawah laut itu berhadapan langsung dengan angin laut yang kencang, jangan sampai masuk angin dan mabuk laut.

sebelum ke titik terumbu karang, jangan lupa mampir ke pusat konservasi ikan laut di tengah laut tanjung kunyit, ini merupakan salah satu program kerja pemerintah provensi Kalsel, dan ini merupakan pusat konservasi ikan laut satu-satunya di kalimantan selatan, disini yang pengelola tempatnya BRO BANGET, ga sombong dan ga pelit dalam menyampaikan info, di bercandain juga asik, padahal orang banjarmasin, banjarbaru nih yang jaga, tapi ikhlas kerja disini. keren!!



di unit keramba apung ini adalah tempat indukan dari Kerapu dan Kakap, tempat pembenihannya ada di Teluk Tamiang, setelah dibenih, anakannya dikembalikan ke keramba untuk dibesarkan menjadi indukan baru maupun di jual.



setelah bersantai ria dengan MAS BRO di pusat konservasi ikan laut tadi, saatnya go deep, atau yang ga berani go deep, go float deh, cakep juga ko. matahari udah bersinar terang, terumbu karang makin terang dan yang berenang pun semakin gelap kulitnya :D.


tenang aja kapalnya ga nyangkut kok, emang airnya aja yang..... aahhh liat sendiri deh. sangat banyak view melihat terumbu karang di kec. pulau laut barat maupun kec. p.l tg. selayar, mulai dari yang dangkal sedalam cuman sepinggang, sampe yang lima meter juga ada. tinggal pilih deh, kali ini kami memilih yang lebih santai, yaitu kedalaman satu sampai dua meter.


bagi yang suka memancing ikan, wajib coba yang kayak gini nih, menikmati terumbu karang sambil memancing ikan buat lauk nanti siang.

lumayan dapat ikan buat dibakar pas naik menunggu matahari terbenam di puncak bukit Tanjung Kunyit.






 jangan lupa dalam etika saat berada di zona terumbu karang : 
DILARANG MENGINJAK ATAUPUN BERPIJAK PADA TERUMBU KARANG..!! 
 karena mereka tumbuhnya lama, cuman beberapa milimeter dalam setahun, ngerusaknya ga sampe satu detik. mohon dijaga ya :)

karena definisi EKOWISATA sebenarnya bukan dari kuantitas wisatawan yang datang, melainkan kualitas dari tempat wisata itu sendiri, ekowisata mampu memberikan wisatawan belajar arti konservasi maupun menjaga kualitas tempat wisata yang mereka dikunjungi, dan yang paling diharapkan adalah semoga memberi efek ekonomi bagi masyarakat lokal, semoga artikel blog ini dapat membantu ekonomi lokal di Kec. Pulau Laut Barat dan Kec. P.L. Tanjung Selayar dalam bidang ekowisata.
 

sudah puas menghabiskan siang di terumbu karang, kulit sudah coklat eksotis, saatnya naik ke permukaan dan perlahan mendaki puncak bukit yang ada di tanjung kunyit, disini bisa sekalian mandi air tawar ataupun bakar ikan hasil pancingan.


perut sudah kenyang, tidur sore juga sudah, saatnya naik ke menara suar untuk menikmati matahari tenggelam, bila kalian sudah sering menikmati matahari tenggelam di tepi pantai, di dermaga, di dekat rumah, wajib mencoba yang dari puncak menara suar nih. EPIC. !!



WEJANGAN :
1. JANGAN BUANG SAMPAH DILAUT, BAWA PULANG SAMPAHNYA
2. JANGAN INJAK TERUMBU KARANGNYA.
3. BERSIKAP SOPAN & RAMAHLAH KEPADA PENDUDUK LOKAL


klik link dibawah untuk cerita seru lainnya.


support foto :  Ronald Saoiago dan Mahmoeri Zulmana




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTABARU & JAJANAN ENAK DI KABUPATEN KOTABARU.

PANDUAN MEMBELI OLEH-OLEH KHAS DARI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN.

SEBUAH LANGKAH BARU : WISATA SANTAI, TEMPAT BERKEMAH ATAU TEMPAT KEMPING DI KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN